" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Tentang Sukabumi dan tempat wisata di sekitarnya

0 komentar

Sukabumi menjadi bagian dari Jawa Barat, dan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan keunikan di setiap bagian kotanya. Beragam aktifitas dapat Anda lakukan di Sukabumi, mulai dari camping, trekking, menelusuri goa hingga surfing di pantai yang indah. Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten yang terluas kedua di Pulau Jawa setelah kabupaten Banyuwangi dengan luas wilayah 4.128 km persegi serta memiliki batas wilayah 40 % berbatasan dengan lautan dan 60% merupakan daratan.Kabupaten Sukabumi sendiri terdiri atas 47 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 364 desa dan 4 kelurahan, dimana pusat pemerintahannya berada di Pelabuhan Ratu yang sekaligus merupakan ibukota dari Sukabumi.

Sukabumi dikelilingi oleh Gunung Gede dengan berlokasi sekitar 120 km dari Jakarta atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan di malam hari (karena kondisi jalan yang tidak terlalu macet). Sedangkan dari Bandung hanya sekitar 3 jam dengan berkendara mobil. Dilihat dari luas wilayahnya, kota Sukabumi merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat dengan luas area 52,46 Km persegi.

Salah satu obyek wisata populer di Sukabumi adalah Pelabuhan Ratu yang identik dengan legenda Nyi Roro Kidul.


Akses ke Sukabumi dapat melalui alat transfortasi :

Kereta Api
Pilihan transportasi yang tidak terkena kendala macet adalah menggunakan kereta api. Selain cepat, harganya pun tidak terlalu mahal jika dibanding menggunakan transportasi bus. Jika Anda memilih menggunakan kereta maka Anda akan tiba di Stasiun Sukabumi (SI) yang terletak di Gunungparang, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat. Stasiun yang beralamat di Jl. Stasiun Barat No. 2 ini berada pada ketinggian +583 m dan merupakan stasiunyang paling selatan di Daop 1 Jakarta.

Jenis kereta api yang berhenti di Stasiun Sukabumi adalah Kereta APi Pangrango dengan jurusan ke Bogor Paledang, Cianjur serta Kereta Api Siliwangi jurusan ke Cianjur, Bogor Paledang. 

Bus
Salah satu cara bagi Anda untuk dapat tiba di Sukabumi adalah dengan menggunakan transportasi bus. Disana terdapat beragam jenis terminal yang tersebar di seluruh daerah. Terminal tersebut diantaranya Terminal Bus Sudirman/ Degung, Terminal Bus Lembur Situ. 

Taksi/ Rental Mobil
Jika Anda ingin berkunjung ke berbagai tempat yang ada di kota Sukabumi, Anda dapat menggunakan transportasi taksi/ Rental Mobil untuk membantu Anda mencapai tempat yang dituju. Untuk lebih memudahkan Anda mendapatkan taksi, dapat menghubungi pihak dari hotel untuk menyediakan taksi untuk Anda.

Angkot
Selain menggunakan taksi, Anda dapat menggunakan angkot untuk menjelajah Sukabumi. Selain biayanya yang tidak mahal, kebanyakan para supir angkot lebih mengenal daerah yang ingin kita tuju. Namun untuk diperhatikan jenis angkot yang akan Anda gunakan, lebih baik Anda bertanya terlebih dahulu apakah jalur angkot melewati tempat yang kita tuju. Di Sukabumi, ongkos untuk menggunakan angkot hanya sebesar Rp 3.000 bagi umum dan Rp 1.500 untuk pelajar.



Tempat Wisata di Sukabumi

Pantai
Pantai Cibangban
Berlokasi sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu, terdapat sebuah pantai yang bersih dan mempunyai karakteristik ombak yang lebih tenang bila dibandingkan dengan Pantai Pelabuhan Ratu, bernama Pantai Cibangban. Untuk mencapai Pantai Cibangban, Anda harus mengambil jalan yang menuju ke Cisolok. Lama perjalanan dari Pelabuhan Ratu kurang lebih adalah 1 jam. Karena ombaknya yang tidak ganas, Pantai Cibangban cocok untuk berenang bersama dengan keluarga atau orang-orang terkasih. Bila ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak terdapat hotel dan cottage di sepanjang pantai.

Pantai Ujung Genteng
Mendengar nama Pantai Ujung Genteng, mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa nama terdengar aneh. Tapi jangan salah, meskipun namanya aneh namun kecantikan pantai akan menghipnotis bagi siapa saja yang berkunjung. Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang tak hanya menawarkan keindahan pantai berpasir halus dan laut biru namun juga memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan dengan alam sehingga dapat mengobati segala kepenatan sehari-hari yang telah menumpuk di kepala Anda. Berlokasi di Kecamatan Ciracap, sekitar 220 KM dari Jakarta, pantai ini memang cukup jauh namun Anda tidak akan kecewa ketika menyaksikan secara langsung keindahan panorama di Pantai Ujung Genteng. Selain itu disini Anda juga dapat berselancar dan memancing di area Pantai.

Pantai Cimaja
Pantai Cimaja baru mulai terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukabumi yang pantas dikunjungi beberapa tahun terakhir ini. Berlokasi di Desa Cimaja, sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja menawarkan pemandangan indah disertai ombak yang besar namun aman sehingga sangat cocok untuk kegiatan berselancar. Banyak orang yang berkunjung ke Pantai Cimaja mengatakan bahwa pantai ini tidak kalah, bahkan lebih bagus dari pantai-pantai yang ada di Bali. Tak heran ada banyak turis asing yang datang berkunjung ke pantai ini, sebagian besar dari mereka adalah peselancar. Bila Anda ingin menyaksikan kehebatan peselancar dunia, di sinilah tempatnya.

Pantai Sawarna
Pantai Sawarna, sebuah tempat yang romantis dan menggairahkan sebagai tempat berlibur dan refreshing, baik sendirian maupun bersama keluarga. Pantai indah yang terletak di desa Sawarna, kecamatan Bayah ini berbatasan dengan daerah Pelabuhan Ratu. Dengan pasir putih dan air biru kelautan yang mengundang romantisme, tentu sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dikunjungi. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang sangat luas menjadikan kondisi lautnya cukup besar. Meskipun kondisinya seperti itu namun Pantai Sawarna tetap layak untuk dijadikan tempat wisata alam yang menyenangkan. Untuk mencapai lokasi pantai ini membutuhkan sekitar 7-8 jam perjalanan mobil dari Jakarta untuk menempuh jarak sekitar 270 km. 

Alam
Geopark Ciletuh
Mengunjungi pantai, goa dan sungai di Sukabumi mungkin pernah Anda rasakan. Kali ini, Anda harus mencoba untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Geopark atau Taman Alam Batuan Tua di Ciletuh, Sukabumi ini menawarkan keindahan pemandangan dengan hamparan batu karang laut serta 10 air terjun pegunungan, bak surga dunia. Dari deskripsi tersebut sudah dapat ditebak bahwa tempat wisata ini berlatar belakang pegunungan dan laut. Berlokasi di kecamatan Ciemas, Geopark Ciletuh memiliki 10 air terjun luar biasa yaitu diantaranya Air Terjun Puncak Manik, Awang, Cimarinjung, Cikanteh, Codong Tengah, hingga Ngelay. Untuk dapat menikmati berbagai keindahan alam yang ada disini, Anda hanya perlu membayar Rp 350.000 kemudian Anda akan diajak berkeliling dengan menggunakan mobil.

Sungai Citarik
Sungai Citarik adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang paling terkenal. Kegiatan yang dapat dilakukan di Sungai Citarik adalah arung jeram, flying fox, team building, paint ball, dan lain-lain. Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerja sama tim. Bagi Anda yang datang dengan grup kecil, tidak perlu kuatir karena pengunjung arung jeram Sungai Citarik sangat banyak sehingga Anda dapat berarung jeram ramai-ramai.

Sungai Cicatih
Jika Anda suka dengan tantangan, coba saja arung jeram di Sungai Citatih, Sukabumi. Selain mampu memompa andrenalin, juga membuat jantung berdegup kencang. Cocok untuk liburan seru akhir pekan bersama teman atau keluarga.Arung jeram atau rafting di sungai Citatih, Sukabumi, adalah salah satu perjalanan yang paling menantang juga menyenangkan. Sungai Citatih memiliki arus yang lumayan deras dan kuat, terutama di musim-musim penghujan seperti bulan Desember tahun kemarin. Namun menurut guidenya, waktu yang tepat untuk berarung jeram justru di saat-saat seperti itu. Saat dimana hujan turun dan debit air sungai pasang, sehingga arung jeram semakin menantang.Tambahan informasi, sungai ini memiliki Grade dari I – IV. Ada yang 9 KM, 12 KM, dan 40 KM.

Goa Buniayu
Selain berwisata mengunjungi pantai dan sungai yang ada di Sukabumi, Anda dapat mencoba wisata yang lebih menantang di Goa Buniayu. Goa ini merupakan tempat wisata di Sukabumi yang paling menghabiskan tenaga. Hal ini dikarenakan bentuk goa yang besar dan dalam, serta trayek perjalanannya yang cukup sulit untuk dilalui. Namun tenang saja, meskipun medannya cukup sulit, akan terbayar dengan pemandangan di dalam goa yang menakjubkan. Jenis Goa Buniayu terdiri dari bentuk vertical dan horizontal. Untuk jenis horizontal, Anda akan merasakan pengalaman berjalan menelusuri danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain. Jangan lewatkan sensasi memasuki goa jenis vertical dimana Anda akan melihat pemandangan yang tidak akan Anda dapatkan di permukaan bumi. Untuk dapat menikmati seluruh tantangannya, Anda akan membutuhkan badan yang sehat dan kuat, jadi persiapkan diri Anda sebaik mungkin.

Situ Gunung
Mendengar kata Situ Gunung mungkin akan terasa asing di telinga kita. Apa itu Situ Gunung? Situ Gunung merupakan sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Berada di kaki Gunung Pangrango, sektiar 16 KM dari Kota Sukabumi, Situ Gunung adalah sebuah danau yang sangat indah dan hijau. Danau ini adalah salah satu lokasi favorit para fotografer Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah gambar Danau Situ Gunung yang beredar. Seperti layaknya sebuah wisata danau, di sini Anda dapat bermain perahu, berpiknik, berkemah, memancing, dan lain-lain. Untuk yang baru pertama kali ke Situ Gunung, disarankan agar jangan datang pada saat malam hari karena jalan ke Situ Gunung masih minim penerangan, selain itu sinyal handphone juga kurang bagus di daerah ini.



Budaya/Sejarah
Kampung Ciptagelar
Berkunjung ke Sukabumi jangan lewatkan untuk mengunjungi sebuah desa wisata bernama Kamoung Ciptagelar. Kampung yang terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi ini merupakan sebuah kampung yang berumur sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, Anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat Anda jumpai di tempat lain. 


Kuliner Sukabumi

Bubur Ayam Bunut
Lokasi: Jl. Siliwangi no. 93/131, Sukabumi
Menu Andalan : Bubur Ayam, Keroket dan Tulang Ayam
Range harga : -


Mie Bakso Super H. Achmad Sudjai
Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 3, Sukabumi
Menu Andalan : Bakso
Range harga : Rp 16.000

Bubur Ayam H. Apud
Lokasi: Jl. Cimandiri, Sukabumi (tepatnya di seberang BCA – KCP Kota Paris)
Menu Andalan : Bubur Ayam
Range harga : Rp 12.000 - Rp 65.000


Mie Goreng khas Sukabumi
Lokasi: Jl. Cimandiri, Sukabumi (Tepat diseberang Bubur Ayam H. Apud)
Menu Andalan : Mie Goreng
Range harga : Rp 23.000


Bebek Tiktok Sukabumi
Lokasi : Jl. RA Kosasih No.232, Sukabumi
Menu Andalan : Bebek Goreng, Bebek Bakar, Nasi Timbek Komplit
Harga : Rp 6.000 - Rp 60.000


IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger