" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Wisata Air panas Cisolok Hot Spring - Pelabuan Ratu Sukabumi

0 komentar


                                      Hot Spring Cipanas-Pelabuan Ratu


                                       
           
               





Tempat ini pertama kali ditemukan oleh warga kolonial Belanda yang bertempat tinggal di Sukabumi, sejak saat itu tempat ini menjadi tempat yang populer dan sering dikunjungi oleh warga kolonial Belanda pada masa itu. Penelitian geokimia menunjukkan bahwa mata air panas ini telah ada di sini selama lebih dari 10.000 tahun dan panas yang dihasilkan berasal dari gunung berapi terdekat.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat ini harus bisa sedikit bersabar karena jalan menuju permandian ini agak kecil dan sedikit rusak, juga tidak ada angkutan umum yang mengantar hingga ke depan pintu gerbang tempat permandian ini. Tapi tenang saja, begitu anda sampai pemandangan yang ditawarkan sumber mata air panas Cisolok akan membayar segala penat dan letih anda selama perjalanan. ;)
Saat anda sampai di pelataran parkir, anda masih harus berjalan lebih ke dalam melewati jembatan gantung yang suka bergoyang-goyang :D . Dari atas jembatan anda bisa menyaksikan aliran sungai yang deras. Setelah melewati sungai ini anda akan melihat sungai lainnya yang mengepulkan asap, ini karena suhu air di sungai tersebut yang cukup tinggi.
Di tengah-tengah sungai ini anda akan dibuat terpesona sekaligus takjub dengan semburan air panas yang tingginya bisa mencapai 5 meter bahkan lebih. Ada tiga titik semburan disini, dan banyak orang yang berkumpul di sekitarnya untuk berendam dan bermain air. Wah, hanya dengan melihat mereka saja anda pasti sudah tidak sabar untuk ikut menceburkan diri ke dalam sungai.
Di tempat ini terdapat sekitar 6 mata air panas yang besar dan diantaranya ada yang paling kuat dan bisa memuntahkan hingga 35 liter air panas per detiknya.
Anda juga bisa menyaksikan air panas yang menyembur dari celah bebatuan. Beberapa buah batu disusun membentuk kerucut di atasnya untuk mengatur arah semburan geyser tersebut. Suhu di mata air tersebut berkisar antara 90 hingga 100 derajat Celcius dan bahkan bisa di atas suhu mendidih.
Anda jangan pernah menaruh tangan apalagi berdiri di atasnya, selain karena suhunya yang tinggi tekanan semburannya cukup kuat, jadi cari cara yang aman dan menyenangkan saja.
Suhu sungai sebelum bercampur dengan semburan geyser ini hanya 28 derajat Celcius dan bisa naik hingga 34 derajat Celcius setelah tercampur dengan semburan mata air panas.
Beberapa wisatawan yang berkunjung ke tempat ini banyak yang memanfaatkan suhu air tersebut untuk memasak telur, mereka membelinya dari pedagang yang menjajakan makanan lalu merendamnya di sumber air panas tersebut. Hanya dalam beberapa menit saja telurnya sudah matang dan siap untuk disantap. Hm, anda patut mencoba pengalaman unik yang satu ini :D .
Tidak ada pungutan biaya bagi pengunjung yang ingin berendam di sungai dan untuk anda yang menginginkan tempat yang sedikit lebih tertutup, anda bisa mencoba kolam khusus untuk berendam dan berenang dengan air bersuhu panas. Biayanya untuk mandi di kolam tersebut relatif murah dan anda bisa membeli perlengkapan mandi di tempat tersebut.
Di area tersebut juga tercium bau belerang karena pada kenyataannya memang geyser ini sedikit mengandung belerang wqlaupun sebenarnya air panas ini berasal dari geyser (air panas yang melewati lapisan kerak bumi).
Mungkin itu sebabnya banyak masyarakat setempat yang percaya bahwa air di Cisolok ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal dan eksim.
Selain kolam, tempat ini juga menyediakan fasilitas pijat tradisional untuk anda yang suka dipijat terlebih dahulu sebelum berendam di air panas, juga ada tempat menjual makanan dan minuman, kamar mandi umum dan tempat ibadah yang disediakan untuk para pengunjung.
Sempatkanlah diri anda untuk sejenak menikmati suara semilir pohon, aliran sungai, pemandangan hutan dan semburan air di geyser ini, dan jangan sampai anda lupa kamera anda karena disini banyak objek yang bisa anda abadikan dalam sebuah foto. Datang pada sore maupun pagi hari, tempat ini selalu tampak indah dan menyenangkan, apalagi menyaksikan anak-anak anda bersenda gurau dan bermain air di sini. Anda pasti akan betah berlama-lama di sini.

Sumber  ;  Admin 
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger